Senin, 28 November 2011

Belajar membuat model monas dengan menggunakan Software Design Grafis "Blender"


·        Pengenalan

           
Sebelumnya kita berkenalan dulu, apa sih blender itu?
Blender 3D adalah software gratis yang Berbasis Opensource dan bisa anda gunakan untuk modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi. Blender 3D yang merupakan software gratis dan open source ini merupakan open source 3D paling populer di dunia.
Fitur Blender 3D tidak kalah dengan software 3D berharga mahal seperti 3D studio max, maya maupun XSI. Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan  intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak  ada  sifat  royalti  kepada  developer, dapat  dipublikasikan  baik  free maupun untuk dikomersilkan.
Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.  Kelebihan yang  dimiliki  Blender  adalah  dapat  membuat  game  tanpa  menggunakan  program
Tambahan  lainnya,  Karena  Blender  sudah  memiliki  Game  Engine  sendiri  dan menggunakan  Python sebagai  bahasa  pemograman  yang  lebih  mudah  ketimbang menggunakan C++,C, dll. menggunakan Blender 3D kita bisa membuat objek 3D animasi, media 3D interaktif, model dan bentuk 3D profesional, membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D lainnya.



·        Belajar Membuat “MONAS”
Sebagai perkenalan awal di dalam menggunakan software blender, maka saya akan membuat sebuah model monas (monument nasional) dengan menggunakan software blender (biasanya dalam menginstal windows kita di minta untuk menginstal software bahasa pemograman python), harap maklum jikas hasil modelnya kurang begitu bagus, namanya juga masih belajar, masih newbie lah istilahnya.
Pertama-tama sebelum kita membuat model tersebut, pastikan bahwa software Blender telah terinstal di computer yang akan kita gunakan untuk membuat model tersebut, disini saya menggunakan software blender seri 2.49 for windows. Buka aplikasi blender tersebut, dan akan memampilkan tampilan awal sebagai berikut.


Lalu kemudian tekan tombol tab pada keyboard untuk memblok tampilan model awal yang akan kita buat sehingga modelnya menjadi berwarna merah muda/pink, kemudian tekan tombol A pada keyboard untuk penyeleksian objek model tersebut. Sehingga tampilannya menjadi seperti berikut ini :

Lalu kemudian tekan tombol Ctrl+Tab sehingga akan muncul pilihan menu, maka kita pilih menu faces, seperti tampilan berikut ini :
Kemudian klik kanan pada sisi atas model objek, tekan tombol E pada keyboard dan tarik objek ke atas sesuai dengan yang di inginkan, disini kita menambahkan bentuk objek yang telah ada sebelumnya.

Setelah itu kita klik kiri di objek yang baru kita tambahkan tersebut, lalu tekan tombol S pada keyboard untuk pelebaran dan membuat bentuk sesuai yang di inginkan. Bentuk seperti gambar di bawah ini :

Langkah selanjutnya kita menambahkan objek seperti langkah sebelumnya, tekan tombol E lalu klik kiri pada objek yang akan di tambahkan tersebut, kemudian tekan S disini kita akan memperkecil titik face untuk menentukan ukuran lebar objek yang akan kita tambahkan. Setelah titik face tersebut ukuran lebarnya menjadi seukuran yang kita inginkan, lalu kemudian kita tekan kembali tombol E lalu tambahkan objek tersebut dan tekan tombol S dan atur sesuai bentuk yang di inginkan. Sehingga tampilannya sebagai berikut :

Lalu langkah selanjutnya adalah kita menambahkan kembali objek seperti cara yang sebelumnya telah kita lakukan, tekan tombol E lalu tarik ke atas dan tambahkan objeknya. Lakukan sebanyak 2 kali penambahan objek sehingga tampilannya sebagai berikut :

Langkah yang berikutnya adalah menambahkan kembali objek,dengan cara tekan tombol E, tarik objek yang akan di tambahkan ke atas dan bentuk dengan menggunakan tombol S. sehingga hasil akhir rancangannya adalah sebagai berikut.

Setelah selesai merancang model objek monas tersebut maka untuk mendapatkan tampilan hasil citra yang lebih solid maka kita lakukan proses rendering. Proses ini membutuhkan waktu, dan waktu rendering berbeda-beda sesuai dengan banyaknya model yang di render dan spesifikasi computer yang di gunakan untuk proses render tersebut. Untuk melihat hasil tampilan outputnya tekan tombol F12, dan hasilnya akan di dapat sebagai berikut :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar