Jumat, 14 Desember 2012

"MENCIPTAKAN PENGALAMAN KONSUMEN DENGAN EXPERIENTIAL MARKETING"



Pada tugas ketiga ini membahas Jurnal tentang "MENCIPTAKAN PENGALAMAN KONSUMEN DENGAN EXPERIENTIAL MARKETING"


Abstraksi Pada Jurnal.

ABSTRAK :
Experiential marketing memberikan pelanggan kesempatan untuk terlibat dan berinteraksi dengan merek, produk dan jasa dengan cara sensorik yang menyediakan lapisan gula pada kue memberikan informasi. pengalaman pribadi membantu orang terhubung ke merek dan membuat keputusan pembelian cerdas dan informasi. Aturan "Istilah pengalaman pemasaran" mengacu pada esperiences costomers aktual dengan merek / produk / jasa yang mendorong penjualan dan peningkatan  brand image dan kesadaran melalui akal, merasa, berpikir, bertindak, dan berhubungan dengan Perusahaan dan Merek. Ini bedanya antara memberitahu orang-orang tentang fitur dari produk atau jasa dan membiarkan mereka mengalami manfaat untuk mereka sendiri. Bila dilakukan dengan benar, itu adalah alat yang paling kuat di luar sana untuk memenangkan loyalitas merek.

Intisari Jurnal :
PENDAHULUAN
Pada era kompetisi yang makin ketat ini, keberhasilan menciptakan persepsi positif di benak konsumen merupakan faktor penting dalam kesuksesan produk/merek, bahkan mungkin lebih penting daripada keunggulan teknologi. Keunggulan kompetitif dalam fungsi teknis produk adalah penting, tetapi akhirnya yang menentukan produk dapat berhasil di pasar adalah konsumen. Bagaimana menciptakan nilai emosional di produk/merek dan menimbulkan rasa kepemilikan kepada merek tersebut sehingga konsumen bersedia menyisihkan share of walletnya untuk produk/merek kita adalah kunci keberhasilan merek di pasar. Kuncinya adalah menciptakan excellent experience dengan membuat produk bisa dirasakan konsumen. Selama ini pelanggan hanya melihat iklan dan kemasan produk, tetapi tidak bisa merasakan produknya. Jadi, mau tidak mau cara seperti ini ditempuh para produsen sehingga tercipta buzz of word.


Tahap awal dari sebuah experiential marketing terfokus pada tiga kunci pokok:

1. Pengalaman Pelanggan.
Pengalaman pelanggan melibatkan panca indera, hati, pikiran yang dapat menempatkan pembelian produk atau jasa di antara konteks yang lebih besar dalam kehidupan.

2. Pola Konsumsi.
Analisis pola konsumsi dapat menimbulkan hubungan untuk menciptakan
sinergi yang lebih besar. Produk dan jasa tidak lagi dievaluasi secara terpisah, tetapi dapat
dievaluasi sebagai bagian dari keseluruhan pola penggunaan yang sesuai dengan kehidupan
konsumen. Hal yang terpenting, pengalaman setelah pembelian diukur melalui kepuasan dan
loyalitas.

3. Keputusan rasional dan emosional.
Pengalaman dalam hidup sering digunakan untuk memenuhi fantasi, perasaan dan kesenangan. Banyak keputusan dibuat dengan menuruti kata hati dan tidak rasional. Experiential marketing pelanggan merasa senang dengan keputusan pembelian yang
telah dibuat.

Jadi pada tugas ketiga  “Pengantar Bisnis Informatka” saya membahas tentang "MENCIPTAKAN PENGALAMAN KONSUMEN DENGAN EXPERIENTIAL MARKETING"  pada jurnal ini intinya membahas Bagaimana menciptakan nilai emosional di produk/merek dan menimbulkan rasa kepemilikan kepada merek tersebut sehingga konsumen bersedia menyisihkan share of walletnya untuk produk/merek kita adalah kunci keberhasilan merek di pasar.

Link Jurnal :  JURNAL

*note :
Setelah didownload ada beberapa kumpulan judul jurnal, Judul yang saya bahas"MENCIPTAKAN PENGALAMAN KONSUMEN DENGAN EXPERIENTIAL MARKETING" ada pada halaman 17.




Minggu, 02 Desember 2012

Jaringan Komputer Lanjut

PERTANYAAN :

1. Apakah dimaksud dengan komunikasi broadband ?

2. Sebutkan keuntungan SONET !
3. Jelaskan prinsip kerja dari ATM !
4. Apakah yang dimaksud dengan DSL


JAWABAN :


1. Komunikasi Broadband merupakan komunikasi data yang memiliki kecepatan tinggi dan juga memiliki bandwidth yang besar. Ada beberapa definisi untuk komunikasi broadband, antara lain : menurut rekomendasi ITU No. I.113, “Komunikasi broadband didefinisikan sebagai komunikasi dengan kecepatan transmisi 1,5 Mbps hingga 2,0 Mbps.”. sedangkan menurut FCC di amerika, “ komunikasi broadband dicirikan dengan suatu komunikasi yang memiliki kecepatan simetri (up-stream dan down-stream) minimal 200 kbps. Maka dari itu komunikasi brodband sering disebut juga dengan komunikasi masa depan. Broadband itu sendiri menggunakan beberapa teknologi yang dibedakan sebagai berikut : - Digitas Subscriber Line (DSL). - Modem Kabel. - Broadband Wireless Access (WiFi dan WiMAX). - Satelit. - Selular. 


2. Keuntungan SONET (Synchronous Optical Networking) : - Dapat memberikan fungsionalitas yang bagus baik pada jaringan kecil, medium, maupun besar. - Collector rings menyediakan interface ke seluruh aplikasi, termasuk local office, PABX, access multiplexer, BTS, dan terminal ATM. - Manejemen bandwith berfungsi untuk proses routing, dan manajemen trafik. - Jaringan backbone berfungsi menyediakan konektifitas untuk jaringan jarak jauh. - Memiliki fitur redudansi yang mirip dengan FDDI. 


3. Prinsip kerja ATM (Automatic Teller Machine) : - Pada ATM, informasi dikirim dalam blok data dengan panjang tetap yang disebut sel. Sel merupakan unit dari switching dan transmisi. - Untuk mendukung layanan dengan rate yang beragam, maka pada selang waktu tertentu dapat dikirimkan sel dengan jumlah sesuai dengan rate-nya. - Sebuah sel terdiri atas information field yang berisi informasi pemakai dan sebuah header. - Informasi field dikirim dengan transparan oleh jaringan ATM dan tak ada proses yang dikenakan padanya oleh jaringan. - Urutan sel dijaga oleh jaringan, dan sel diterima dengan urutan yang sama seperti pada waktu kirim. - Header berisi label yang melambangkan informasi jaringan seperti addressing dan routing. - Dikatakan merupakan kombinasi dari konsep circuit dan packet switching, karena ATM memakai konsep connection oriented dan mengggunakan konsep paket berupa sel. - Setiap hubungan mempunyai kapasitas transfer (bandwidth) yang ditentukan sesuai dengan permintaan pemakai, asalkan kapasitas atau resource-nya tersedia. - Dengan resource yang sama, jaringan mampu atau dapat membawa beban yang lebih banyak karena jaringan mempunyai kemampuan statistical multiplexing. 


4. DSL (Digital Subcriber Line) merupakan atu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat, biasanya kecepatan downolad dari DSL berkisar dari 128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan upload lebih rendah dari download untuk ADSL dan sama cepat untuk SDSL. contoh teknologi DSL (kadang disebut dengan xDSL) termasuk: - High-bit-rate Digital Subscriber Line (HDSL) - Symmetric Digital Subscriber Line (SDSL) - Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL) - Rate-Adaptive Digital Subscriber Line (RADSL) - Very-high-bit-rate Digital Subscriber Line (VDSL) - Very-high-bit-rate Digital Subscriber Line 2 (VDSL2) - G. Symmetric High-speed Digital Subscriber Line (G.SHDSL)